Sebelum Membuat Website, Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Website merupakan salah satu sarana yang cukup populer untuk meningkatkan keberhasilan suatu usaha secara online. Dan pembuatan website adalah salah satu yang cukup penting dalam memulai usaha melalui intrenet. Namun biasanya, dalam membuat sebuah website, masih banyak orang yang belum mengetahui hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan sebelum membuat website, karena biasanya mereka hanya fokus pada nama domainnya saja, padahal masih banyak pengetahuan dasar sebelum membuat sebuah website.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah website :

1. Nama Domain

Nama Domain merupakan sebuah nama yang diberikan untuk mengidentivikasi nama server, seperti web server atau email server pada jaringa komputer maupun internet. Nama domain sendiri akan memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk melakukan pencarian dan mengingat server yang dikunjungi.

Namun sebagian orang, masih ada yang beranggapan bawa penggunaan nama domain yang panjang akan lebih menarik orang untuk mengunjungi websitenya. Padahal sebenarnya, nama domain yang panjang justru akan membuat orang-orang keesulitan untuk mengingatnya.

Maka dari itu sebaiknya, gunakan nama domain yang pendek serta mudah untuk diingat dan juga harus disesuaikan dengan jenis usaha anda.

2. Hosting

Sebelum membuat sebuah website, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Hosting. Hosting sendiri merupakan tempat layanan jasa untuk menyimpan file atau hardisk untuk menampilkan dokumen website. Dan dengan Hosting, Website anda bisa dikunjungi oleh orang-orang di seluruh dunia.

Dan berikut dibawah ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih hosting :

  • Banyaknya data yang bisa ditampung
  • Jenis data yang diberikan
  • Lamanya waktu penggunaan
  • Isi dan tampilan website.

3. Isi & Tampilan Web

Hal lain yang harus di perhatikan dalam membuat sebuah website yaitu menentukan content dan visual website. Karena mengingat tujuan orang mengunjungi website yaitu untuk mendapatkan informasi.

Content sendiri merupakan isi dari sebuah website, seperti artikel, foto, video maupun catalog produk. Untuk itu, sebaiknya pilih content yang menarik, efisien dan sesuaikan content dengan target audience website anda. Sedangkan untuk soal tampilan website, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu tujuan dari website tersebut. Untuk itu, gunakan desain yang menarik dan sesuaikan dengan desain web content yang anda pilih. Lalu kemudian, perhatikan juga desain web yang responsive atau mobile friendly, yaitu website yang bisa dibuka oleh perangkat apapun.

4. SEO

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan secara sistematis dan bertahap, karena bertujuan untuk meningkatkan pengunjung dari mesin pencari seperti Google, Yahoo dan lainnya.

Fungsi dari SEO sendiri yaitu untuk menaikkan rangking sebuah website sehingga dapat ditampilkan pada halaman utama google, sehingga akan meningkatkan target penjualan, meminimalkan biaya pemasaran online serta meningkat jumlah pengunjung menggunakan serach engine atau mesin pencari.

Konsultasikan segala kebutuhan website anda, tim kami dengan senang hati melayani apa yang anda butuhkan, mulai dari menentukan nama domain, berapa kapasitas hosting yang sesuai, tampilan website, dan bagaimana mengoptimalkan website anda agar mudah di temukan di mesin pencarian. Hubungi Kami di WhatsApp 081-555-344-089

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *