Tips Menentukan Nama Domain Website Anda

Didalam dunia Website, Domain bisa dibilang sebagai alamat rumah website, Karena dengan mengakses nama domain atau alamat website, jutaan orang didunia dapat mengakses website dengan mudah. Dan nama domain sendiri biasanya dibuat dari susunan kata produk yang dijual maupun nama merk atau juga bisa nama perusahaan. Namun terkadang, bagi sebagian orang, menentukan nama domain bukan perkara yang mudah, karena nama domain bisa dibilang sangat menentukan untuk kelangsungan website kita. Dengan nama website atau domain yang menarik maka juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan website tersebut, dan juga sebaliknya.

Lalu apasajakah yang harus diperhatikan dalam memilih atau menentukan domain untuk website kita ? Berikut dibawah ini adalah beberapa tips cara memilih nama domain yang tepat dan menarik untuk website anda :

1. Berkesan

Dengan memiliki nama domain website yang berkesan akan memudahkan orang-orang untuk mengingat situs tersebut. Oleh karena itu, anda harus menimbulkan kesan yang tegas serta mewakili usaha anda dan hindari menggunakan singkatan atau kata-kata yang sulit dibaca.

2. Singkat

Memang, dalam menantukan domain yaitu maksimalnya hanya 20 karakter. Namun akan lebih baik jika hanya menggunakan setidaknya sepuluh karakter saja. Karena nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang-orang untuk mengingatnya.

3. Ekstensi yang tepat

Beberapa Ekstensi domain tersedia untuk website, Diantaranya seperti .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edi untuk institusi pendidikan, Dan .mil untuk lembaga militer. Namun yang paling banyak digunakan dan mudah diingat yaitu hanya ekstensi .com dan .net.

4. Mudah Dibaca

Nama domain yang sulit untuk dibaca maka akan menyulitkan calon pelanggan anda. Oleh karena itu sebaiknya gunakan istilah kata yang umum. Sedangkan jika tidak memungkinkan, maka anda juga bisa menggunakan brand atau nama perusahaan anda.

5. Deskriptif

Nama domain yang baik harus bersifat deskriptif, karena itu akan memudahkan para pengunjung serta pelanggan anda dalam mengasosiasikan nama domain dengan usaha anda.

6. Tidak Menggunakan Simbol

Karena orang-orang biasanya akan mengetik nama domain suatu website tanpa tanda hubung maka sebaiknya jangan menggunakan nama domain yang mengandung symbol atau angka dan tanda hubung. Sedangkan jika memang terpaksa maka sebaiknya gunakan nama domain yang tidak terlalu panjang.

7. Gunakan Nama Pribadi Atau Kata Kunci Tertarget

Ketika anda ingin membuat website pribadi, maka sebaiknya gunakan nama pribadi atau nama panggilan yang lebih singkat untuk nama domain website anda. Selain itu, kita juga bisa menggunakan kata kunci yang tetarget untuk membuat website dengan niche tertentu.

8. Kombinasikan Antara Nama Nerek Aatau Nama Perusahaan Dengan Jenis Usaha Anda

Misalnya anda memiliki usaha di bidang produksi atau penjualan baju, dan anda juga memiliki nama usaha atau perusahaan anda, contohnya CV. Posnetindo. Maka untuk memudahkan orang-orang dalam mengenal usaha anda yaitu dengan memilih nama domain dengan menggabungkan dua elemen tersebut.

Jika anda kesulitan dalam menentukan nama domain yang sesuai dengan bisnis anda, mintalah saran ke tim kami untuk mencarikan alternatif domain yang bukan hanya bagus namun juga mudah di temukan di search engine. Mencari nama domain yang bagus saat ini memang sulit karena banyak domain yang sudah dipakai orang lain. Hubungi Kami di WhatsApp 081-555-344-089

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *